Gejala Demam Berdarah Pada Anak dan Orang Dewasa

Demam berdarah saat ini menjadi penyakit yang cukup berbahaya bagi penduduk Indonesia. DBD ditularkan oleh nyamuk demam berdarah yang bernama Dengue. Nyamuk ini banyak menyerang anak-anak, meskipun sebenarnya ada beberapa juga orang dewasa yang mengalaminya.

Gejala demam berdarah dengue (DBD)

Gejala demam berdarah dengue (DBD)

Gejala demam berdarah cukup bervariasi, namun baik itu anak-anak ataupun orang dewasa sebenarnya memiliki tanda yang sama. Mengetahui tanda-tanda demam berdarah sangatlah penting agar bisa dilakukan pencegahan sejak dini. Langsung saja berikut beberapa gejala demam berdarah yang harus anda waspadai.

Tanda Demam Berdarah Dengue (DBD) Pada Anak dan Orang Dewasa

Munculnya nyeri dan linu

Demam berdarah biasanya mengakibatkan munculnya nyeri dan linu pada tulang, khususnya untuk tulang bagian belakang. Munculnya nyeri ini disebabkan karena adanya perkembangbiakan virus yang dimasukan oleh nyamuk demam berdarah.

Demam

Selanjutnya adalah demam. Hampir 90 % penderita DB pasti mengalami demam tinggi. Berbeda dengan demam biasanya, demam ini memiliki siklus tersendiri. Biasanya dalam 7 hari demam tinggi, kemudian turun, lalu demam tinggi lagi sampai hari ke 14.

Demam tinggi sangat bebahaya bagi anak-anak, apalagi jika ia berusia di bawah 10 tahun, karena ini akan meyebabkan step dan bahkan kematian.

Muka pucat

Demam berdarah mengakibatkan menurunnya jumlah trombosit dalam tubuh penderita. Apabila jumlah trombosit ini menurun drastis maka akan berakibat pada stamina tubuh, sel darah merah, dan energi.

Untuk mengetahui lebih jelas apakah anda sudah terkena DB atau belum silahkan konsultasi ke dokter terdekat. Sekian informasi seputar gejala demam berdarah yang bisa kami sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply